Orang pilihan (yang terpilih)


Sebenarnya siapa sih yang jadi jodoh kita?

Siapa yang pantas dimasukkan surga oleh Allah?

Siapa yang hari ini diberi rizki tambahan yang cukup melimpah?

Semua itu sudah digariskan oleh Allah swt. Manusia memang hanya  bisa berusaha. Berusaha dengan beramal soleh dan berbuat baik. Amalan manusia pada hakekatnya untuk “menarik simpati” dari Allah sehingga kita sebagai hamba-Nya dituruti segala keinginannya. Selayaknya anak kecil ynag sedang merajuk kepadanya ibunya untuk dibelikan mainan. Ketika kelakuan anak tersebut baik, sopan, dan menurut kepada ibunya, maka ibunya akan memberikan apa yang anak tersebut inginkan. Begitu juga antara Allah dan hamba-Nya. Jika hamba tersebut beramal soleh, menuruti apa yang dikehendaki Allah, dan segala rupanya untuk mengambil hatinya Allah, maka keinginan hamba Allah tersebut akan dikabulkan.

Allah sudah memiliki “catatan takdir”-Nya yang berisikan segala sesuatu untuk manusia. Lalu timbul pertanyaan seorang manusia, “kalau sudah ditakdirkan, ngapain kita usaha lagi? ngapain harus solat tepat waktu dan lain-lain?” NAH! Itu pertanyaan manusia yang selalu “membantah.” Jadi gini, kita harus tetap berusaha karena hal tersebut mempermudah jalan kita menuju takdir tersebut dan dapat mengubah “sedikit” takdir tersebut karena kebaikan Allah swt. Bingung yah? Memang hal ini sedikit membingungkan urusan takdir ginian nih, yang penting usaha saja lah 🙂

Kalau menurut hemat saya, urusan agama nih memang harus dengan pikiran terbuka dan pasrah lilahita’ala. Saya ada seorang teman yang dia merasa berat dosa dan berat amalan pahalanya lebih berat dosanya. Namun teman saya tersebut berusaha sebaik mungkin untuk menjadi orang yang lebih baii. Harapan dia adalah semoga Allah melihat proses dia dalam menjadi orang baik, bukan lihat hasil akhir. Kalau Allah melihatnya dan menganggap itu adalah sebuah usaha, barangkali Allah akan melakukan revisi terhadap hasil akhirnya nanti (tidak hanya menimbang berat dosa dan amal soleh saja). Wallahu’alam bishowab.

Selamat berjuang para orang terpilih 🙂

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s