Musibah itu harta simpanan yang menyenangkan…


Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Ala’ ra. Dia berkata : “Rasulullah saw menjengukku di saat aku sakit, dan Rasulullah saw. berkata : Aku sampaikan kabar gembira padamu wahai Ummu Ala’, sesungguhnya jika seorang Muslim sakit niscaya dengan itu Allah akan menghapus kesalahannya sebagaimana api memakan kotoran tembaga”.

Bukan berarti kita harus memelihara virus dalam tubuh kita agar kita tetap sakit atau enggan berobat dengan alasan penyakit bisa menghapus dosa dan kesalahan. Tetapi yang dimaksud adalah bagi seorang hamba yang sedang tertimpa sakit harus berusaha mencari obat kesembuhannya dengan disertai kesabaran terhadap penyakit yang dideritanya. Karena sabar itulah yang akan tercatat dalam lembaran amal kebaikan manusia.

Bagi seorang wanita hendaknya bersabar atas kehilangan kekasih, seperti suami dan anak-anaknya. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda : ” Sesungguhnya Allah tidak ridho pada hamba-Nya yang beriman, jika ditinggal kekasihnya dari penduduk bumi lalu bersabar dan mengharap pahala selain surga”

Jika seorang wanita ditinggal mati suaminya itu berarti Allah akan memberi ganti yang lebih baik. Maka jika ada wanita yang berkata : “Suamiku…Anakku!!!” berkatalah Yang Maha Pencipta dan Yang Maha Mengadakan : “Wahai hamba-Ku, Aku lebih mulia darinya dan lebih berhak dari selain-Ku. Maka, suami itu hanya pinjaman, anak itu pinjaman, saudara itu pinjaman, ayah itu pinjaman, dan istri itu pinjaman”

Dalam sebuah syair :
harta dan keluarga hanya pinjaman
suatu hari pasti dikembalikan

**dikutip dari buku ‘Agar Menjadi Wanita paling Bahagia didunia’

kawan, kehilangan diatas berlaku untuk segala hal yang ada disekitar kita, entah itu barang atau saudara ataukah teman, bahkan orang tua..tak ada yang benar-benar milik kita didunia ini, langit, bumi. dan apa yang ada diantaranya adalah milik Allah…

“pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya. Bahkan manusia menjadi saksi atas dirinya sendiri. Dan meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya”
(Al-Qiyamah : 13-15)

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s