Oh ibu dan ayah..



Oh ibu dan ayah, Selamat pagi
Ku pergi sekolah sampai kau nanti

Selamat belajarlah penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu
Sayangi teman
itulah tandanya kau murid budiman

Lagu di masa kanak-kanak yang uniknya masih hapal sampai saat ini..
Mengingat fenomena saat ini, merasa sangat bersyukur telah lahir di zaman dulu, dimana masa kanak-kanak ku dikelilingi lagu anak-anak, majalah bobo, donal bebek, lalu tpa tiap sore di masjid, main gobak sodor, petak umpet, kasti, masak-masakan, dll. Walaupun adakalanya ngambek-ngambekan ma temen, yah itu mah salah satu wujud pertemanan, selalu ada konflik 😛

Konflik yang akhirnya memunculkan sebuah nasehat
“Nduk, karo koncone sik apik ya, nek maem diajak maem, ojo kerengan wae..”
“Nggih bu”

Kalau lagi inget lagu di atas, jadi inget kalo lagu ini tuh punya peran cukup signifikan dalam membentuk kebiasaan dan perilakunya saya terhadap guru dan teman saya..

Logikanya >>
Semua anak kecil itu pasti haus kasih sayang, ingin diperhatikan, dll. Tapi anak kecil juga menyadari bahwa agar makin disayang mesti jadi anak baik, yang dalam lagu ini berarti anak budiman. Karena terbiasa menyanyikan lagu ini, akhirnya saya tahu trik buat jadi anak baik yaitu hormat ke guru dan sayang teman, kalo ini dilakuin pasti bisa jadi anak baik dan disayang orang tua 😛
anak kecil niatnya belum lurus gak papa kan ya..hehe

Akhirnya setelah tumbuh besar dan dapat mata pelajaran tentang berakhlak baik, saya tenang-tenang aja, kan udah jadi kebiasaan ^^

Inilah pentingnya membentuk kebiasaan baik sejak dini
termasuk membentuk lingkungan yang baik di sekitarnya

Anak kecil selalu punya cara tersendiri untuk berperilaku, terkadang kita anggap lucu, terkadang kita anggap menyebalkan bahkan mungkin sampai kita ingin marah..
Namun mereka melakukan itu dengan niat yang baik, cuma mereka belum tahu bagaimana menyatakan niatnya dengan benar, inilah saatnya mereka berkreasi..
Biarkan mereka berkreasi mengungkapkan ekspresinya, kita ada di sampingnya untuk membimbing dan meluruskannya dengan kasih sayang^^
Karena apa yang terjadi di masa kanak-kanak, selalu terinternalisasi dengan kuat membentuk karakternya ketika ia telah dewasa..
Yuk lebih perhatian ma anak kecil di sekitar kita^^

Indahnya dunia kanak-kana k^^

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s