cerita cinta tentang TA [bagian-1]


Cerita cinta tentang TA [Tugas Akhir] ini dimulai dari satu semester yang lalu. Saat itu kaprodi teknik elektro mengumumkan bahwa sistem TA untuk mahasiswa teknik elektro mulai angkatan 2008 akan diubah seiring dengan sertifikasi ABET yang telah diterima. Tugas akhir yang biasanya dikerjakan sendiri-sendiri sekarang diubah sistemnya dengan berkelompok. Lalu yang biasanya tema atau judulnya dari masing-masing mahasiswa maka sekarang tema atau judulnya semua berasal dari dosen.

Perubahan sistem TA ini diharapkan mampu memupuk sense kerjasama diantara mahasiswa yang dulu terkesan lebih individualis. Selain itu, judul-judul TA pun dirancang dari proyek-proyek dan permasalahan di dunia industri sehingga mahasiswa mampu memahami lebih baik kondisi dunia industri saat ini dan siap untuk terjun di dunia industri.

Bahkan untuk sistem dokumentasi tugas akhir pun menggunakan mekanisme yang biasa terjadi di industri. Alhasil dalam kurun waktu satu tahun [TA 1 dan TA 2] ada 5 dokumen yang mesti dikumpulkan pada waktu-waktu tertentu. Ada B100, B200, B300,B400, dan B500. Dokumen itu dimulai dari deskripsi sistem yang kita buat, spesifikasi, perancangan, implementasi hingga hasil pengujian.

Masa-masa TA 1 telah selesai dan dokumen yang dibuat sudah sampai pada dokumen B300. Sekarang dimulailah masa-masa TA 2 dimana dokumen B400 dan B500 menjadi acuan. Tapi untuk dapat menyelesaikan dokumen-dokumen tersebut sistem yang menjadi topik TA pun mesti selesai. Dan hal ini memiliki porsi 75% dari seluruhan TA.

Jadi walau TA 1 sudah dilalui tapi buat nyampe sidang itu masih panjang perjuangannya..hufft..
dan sisa waktu tinggal 4 bulan bersih untuk menyelesaikan 75% TA.. šŸ˜¦

Disaat-saat seperti inilah keistiqamahan kita dituntut, disaat banyak waktu luang namun gak tau mesti ngapain. Ketika mesti nunggu mood buat ngerjain TA. Kalo ngerjain TA aja belum istiqamah, gimana kita akan istiqamah kelak ketika udah gak jadi mahasiswa??

*ini yang nulis udah kebingungan mau ngerjain TA darimana, trus lupa pula naruh semangat ngerjain TA nya dimana, dan parahnya lagi masih bingung gimana ngerjain TA-nya šŸ˜¦

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s