I like Blue..


entah kenapa
warna biru itu begitu indah
mampu menyihir setiap mata yang memandangnya
mampu menawan hati yang melihatnya

biru itu sungguh mempesona
ia tampak lembut
tapi ia tak rapuh
ia tangguh
seakan mampu melawan segala rintangan yang ada di hadapannya
biru itu juga nampak sangat tulus
seakan senyum terindah selalu dipersembahkannya

entah kenapa juga saya jadi menulis notes tentang warna biru,,,aneh memang..
tapi biru ini bukan sembarang warna biru, tak semua biru seperti syair di atas..

seringkali birunya langit tak terlihat karena tertutup oleh awan mendung yang kadang begitu pekat seakan badai atau hujan yang besar terjadi, yang membuat setiap orang enggan keluar rumah karena takut..
tapi lihatlah kawan, ketika badai itu telah usai, langit tampaklah sangat indah dengan kemilau birunya..setiap orang yang merasa dirugikan oleh badai itu ketika melihat langit yang teduh nan damai tanpa ada awan yang menutupinya, berdecak kagum..memuji keagungan-Nya atas segala ciptaaan-Nya yang sungguh sempurna…langit biru itu kemudian membiaskan sinar mentari yang hangat guna kehidupan di bumi ini..

sama seperti laut, ketika badai kan tiba, laut akan tampak seperti raksasa yang sedang marah, ombak yang bergulung-gulung seakan siap menelan apapun yang ada dihadapannya,,,
tapi lihatlah kawan…ketika badai itu usai, kau kan lihat betapa laut itu sungguh tenang..ketika kau ada di tepi pantai memandang laut, kau kan melihatnya seperti permadani biru yang sangat luas…tak terbatas hingga ke cakrawala..

jika mengingat itu, saya jadi berpikir,,bukankah langit dan laut itu adalah seperti halnya hati kita? dan badai itu adalah segala cobaan yang sedang dan akan kita hadapi..jadikanlah hati seperti langit atau lautan yang luas kawan, ketika badai itu terjadi pada hati kita, janganlah larut pada badai itu, tapi jadikan ia sebagai refleksi hati kita,,,seperti apa kita selama ini..sudahkah kita mengingat-Nya dalam tiap deru nafas kita ataaukah kita lebih sering melalaikan-Nya hanya karena hal-hal keduniawian??

Dalam sebuah ta’lim pernah disampaikan, ketika seorang mukmin mendapatkan suatu hal yang tidak mengenakkan (musibah), maka pertama-tama, anggaplah musibah itu sebagai adzab dari Allah atas segala dosa kita yang telah menumpuk. Beristighfarlah, meminta ampunan pada-Nya atas segala dosa yang kita sengaja ataupun tidak dan bersyukurlah ,insyaAllah lebih baik dosa itu dibalas didunia daripada di akhirat yang akan jauh lebih pedih..Kemudian jadikan musibah itu sebagai ujian untuk naik derajat kita di hadapan Allah dan berprasangkalah baik pada Allah karena sesungguhnya Allah itu sesuai dengan persangkaan kita..lalui masa ini dengan tabah dan tawakal, segala keluh hanya akan membuatnya semakin beratdan seballiknya, segala syukur akan membuat cobaan ini makin ringan..

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”(Al-Insyirah:7)

Kawan, yakinlah bahwa cobaan itu akan berlalu, kita hanya perlu sabar dan tawakal..dan lihatlah kawan.. ketika kita telah mampu lulus dari cobaan itu, hati kita kan seperti pesona birunya lautan luas setelah dihantam badai,,,indah,,tenang,,dam

ai,,atau seperti birunya langit setelah badai, biru yang lembut namun tangguh..yang membias sinar mentari yang dibutuhkan seluruh penduduk bumi..

Indah kawan..

tapi ingatlah kawan, badai itu tak hany sekali, sama seperti dilangit ataupun lautan luas, badai akan datang berkali-kali, tapi berkali-kali pula langit dan laut menyuguhkan pesona keindahannya ketika badai itu tlah usai..

Hidup kita juga seperti anak-anak tangga yang sungguh banyak…tuk mencapai kehidupan yang hakiki di akhirat kita perlu menaiki tangga itu hingga ke puncak, dengan apa kita menaiki tangga-tangga itu kawan? dengan melalui segala cobaan dengan tabah dan tawakal..

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s